Pages

Subscribe:

Labels

Senin, 12 November 2012

Menginstalasi Audo Video Mobil

Baru posting lagi nih, kali ini saya akan post tentang mengistalasi audio video mobil . . .
Silahkan disimak :)
komponen audio mobil :
  1) head unit : merupakan kombinasi radio, cd, dan mp3
 
  2) speaker   : di tempatkan di pintu, rak bagasi di bagasi mobil di kick panel enclosure

  3) amplifier  :digunakan untuk memberi power ekstra pada speaker, biasanya mengunakan subwoofer

  4) subwoofer : mempunyai kumparan voice tunggal, dual atau quad dan resistansi dalam ohm


               Nama merek terkenal subwoofer :
               - rockford fonsgate
               - jl audio
               - mtx audio
               - pionner
               - incriminator audio
               - sundown audio
               - kicker
               - MA audio
               - RE audio
               - sundown audio
               - FI car audio
               - audio pulse
               - memphis car audio


   5).  dasar kombinasi subwooofer dan amplifier :
          kompabilitas amplifier dan subwoofer sangat penting jika tidak akan mengakibatkan                             
          penurunan atau tidak akan dapat di gunakan salah satu dari keduanya


                  Instalasi  Audio Video Mobil
   car audio
1). Pendahuluan
            Perangkat hiburan berupa home theater mungkin bagi kebanyakan orang yang sudah menikmati dan dapat menilai kualitasnya. Menikmati flim ataupun musik dengan kualitas suara dengan yang ada di gedung bioskop, Mampu memberikan suatu nilai kepuasan tersendiri. Namum jika hal itu di nikmati dalam mobil akan lain lagi ceritanya.
Di awali tahun 1983 zed audio merupakan perusahan pertama kali membuat penguat mobil 200 watt per kennal. Speaker pertama kali digunakan dari home audio yang ada dalam pasaran profesional di install sederhana pada kenderaan. Bagaimanapun, ini tidak cocok untuk temperatur ekstrim dan getaran yang normal suatu mobil dipengaruh di moditifikasi dan di kembangkan untuk mengatasi faktor ini.

        Persaigan car audio di mulai sejak awal tahun 1980 setelah di temukan instalasi yang paling keras. Misal tahun 1905 wayne haris terkenal memodifikasi cadillac hearse tiga fitur subwoofer 24 inchi sebaik seperti 8 subwoofer 12 inchi. Awalnya  sedikit pertimbangan di berikan untuk kualitas suara, namum pada awal tahun 1990 berupa organisasi termasuk di dalamnya IASCA, mengawali persaigan car audio difokoskan pada kualitas suara, satu sama lain hampir menjadi ekslutif. Persaigan dalam hal kenyarigan di kenal sebagai db  drag racing. Sekarang MEASQ mengantarkan persaigan kualitas suara secara nasional di australia .


       Keberhasilan home theater sebagai hiburan rumah telah mengimbas pada dunia modifikasi mobil dalam hal ini sistem audia dan video mobil sehingga mencullah sebuah tren yang bersama dengan car theater atau car audio video atau kadang di sebut juga in car entertaiment. 
Konsepnya, tentu berbeda dengan sistem audio dan video biasa, meski kualitas suara serta display gambar sama-sama di aplikasi. Perbedaan yang paling mendasar adalah dengan hadirnya speaker khusus yang di sebut center channel speaker untuk di tempatkan di bagian depan tengah yang memang tidak di pakai dalam tatanan SQ ( sound quality) dan SPL (sound pressure level). Dalam sebuah sistem car audio video yang dicari adalah suatu suara yang bisa menghasilkan berbagai efek (efek panggung), masing-masing, suround, ambience.

     Serta akurasi suara yang baik. Sistem suround termasuk salah satu yang paling di titik beratkan, dimana dewasa ini di kenal beberapa sistem suround diantarany dolby  digital thx, dts 5.1, serta yang tercangih  dtses sorround 5.1 merupakan yang paling banyak di pakai saat ini. Tak beda dengan output berbeda-beda untuk setiap kenalnya. Jadi terdapat 5 kenal keluaran yang berbeda. Surround DTS 5.1 sendiri dihasilkan oleh sebuah procesor DTS 5.1 yang terdapat pada main unit DVDDTS. Contohnya, pionner AVH P7550 DVD dan clarion VR X935 DVD yang merupakan main unit berupa indash TV monitor dengan di lengkapi procesor  DTS 5.1 bereikut komponen player DVD, VCD, MP3,CD, dan RADIO jika main unit bukan sebuah DVD DTS. Keluarannya akan memakai dolby digital atau virtual surround 5.1 namum menurut erwin kosasih dari rumah audio radius mobil works bandung, jika main unit berupa DVD biasa yang berarti belum memiliki format dts 5.1 tersebut kebutuhan sebuah sistem car theater meliputi :

     - sebuah main unit dvd
     - satu set speaker depan yang tersendiri dari mid bass inchi dan sepasang twiter
     - satu set speaker belakang coaxial ( sebumbu) atau terpisah berukuran 5 atau 6 inchi
     - satu unit center channel
     - satu atau dua unit power yang sudah mendukung sistem surround DTS 5.1
     -berupa tv, atau monitor


               Khusus untuk subwoofer, bagian depan kabin mobil merupakan tempat yang paling ideal. Namun sehubungan dengan penempatan di bagian tersebut cukup menyulitkan maka menempatkan subwofer di belakang menjadi masalah.
Penggunaan TV monitor, hendaknya cukup di pakai beberapa saja di sesuaikan dengan kebutuhan. Begitu pula dengan pemakaian power amplifier dengan subwoofer di belakang tidak menjadi masalah.


            Penggunaan tv, monitor, hendaknya cukup di pakai beberapa saja di sesuaikan dengan kebutuhan. Begitu pula dengan dengan pemakaian dolby digital merupakan teknology untuk menghasilkan suara surround digital.

      DTS digital theater systems atau yang di kenal dengan singkatan dts. DTS merupakan dari singkatan dolby digital yang berbeda. Saat ini standat baru DTS mendukung speker dengan 7 channel speaker. Satu channel lebih banyak dolby digital ( 16 channel speaker)


Semoga Brmanfaaat :D

0 komentar:

Posting Komentar