Pages

Subscribe:

Sabtu, 09 Juni 2012

Membuat Box Speaker Aktif

Sebelumnya saya sudah posthing bagaimana cara merakit Speaker Aktif, Sekarang Saya akan posthing lagi nih soalnya saya baru saja dapat tutorial merakit Box speaker aktif dan juga cara penempatan komponen didalamnya.
Ok Langsung saja ke TKP ...:)
Membuat Body Speaker Aktif
Membuat body Speaker Aktif dan penempatan rangkaian didalamnya
Semua rangkaian sudah dibuat, sekarang adalah bagian terakhir kita menuntaskan pekerjaan kita yaitu membuat body atau rumah dari speaker Aktif tersebut. Disini sebenarnya tergantung dari selera dan kemampuan Anda dalam membuat body tersebut. Bentuknya terserah Anda mau Kotak, Persegi atau bulat, disini saya hanya memberi contoh yang sederhana saja. Akan tetapi walaupun demikian sebaiknya Anda mengikuti petunjuk-petunjuk berikut agar projek kita ini menjadi sempurna dan sesuai dengan harapan kita pertama kali.
Ok coba Anda simak tip-tip berikut ini agar speaker aktif yang akan kita masukan kedalam body tidak hanya menarik dari luarnya, tetapi hasilnya jauh dari yang kita bayangkan sebelumnya.
  • Gambarlah dahulu rangkaian body speaker dengan ukuran-ukuran sesuai agar nantinya terlihat indah dan enak dipandang jangan sampai salah ukuran, karena beda beberapa mili meter saja hasilnya akan terlihat tidak memuaskan perhatikan contoh gambar dibawah ini :
Contoh beberapa Rancangan Body Speaker Aktif
  • Setelah dibuat rancangan untuk body, sekarang kita coba memilah bagian-bagian dari body tersebut yang nantinya bila kita satukan hasilnya seperti yang kita gambarkan. Perlu diingat bahwa Rangkaian komponen berada pada salah satu body speaker sedangkan yang satunya lagi hanya berisi SPEAKER biasa.

Memilah bagian-bagian dari body speaker dengan ukuran yang pas
  • Setelah bagian-bagian dari body telah kita buat sekarang kita rekatkan STEREO FOAM pada masing-masing pilahan body speaker tersebut yang kemudian dilanjutkan dengan merekatkan bagian bagian belakang terlebih dahulu. Setelah bagian belakang dari body direkatkan satu dengan yang lainnya yang terakhir adalah merekatkan SPON BUSA sebagai reflektor untuk suara BASS.
Keterangan :
T = Tripleks
SF = Stereo Foam
SB = Spon Busa
Merekatkan STEREO FOAM dan SPON BUSA
Untuk menciptakan suara BASS dan TREBLE yang hidup.
  • Bagian selanjutnya dari pembuatan body adalah menaruh potongan paralon pada bagian muka dari body, ujung paralon ini berada di dalam body sebagai pembuang hembusan suara BASS. Paralon berukuran diameter 2,5 inchi sudah cukup, jangan terlalu besar sebab lubang udara ini hanya untuk menimbulkan effek suara BASS yang dalam.


Penempatan paralon untuk menambah efek suara BASS
  • Bagian terakhir dari proyek kita kali ini adalah menempatkan rangkaian yang telah kita rakit sebelumnya kedalam BOX yang baru saja dibuat juga, hanya salah satu dari kedua BOX yang kita buat yang dimasukkan rangkaian.
Keterangan :
P = Potensiometer
C = Circuit / Rangkaian

1. Potensiometer
2. Circuit / Rangkaian
3. Blok Rangkaian Catu Daya
4. Transformer (trafo)
Penempatan posisi dari masing-masing komponen pada BOX
Nah dengan demikian maka jadilah sudah SPEAKER AKTIF yang dari semula kita idam-idamkan, Anda dapat menaruhnya dimana saja Anda suka. Diruang tamu sekalipun bila memang itu hasil karya kita sendiri maka akan menambah kebanggaan kita terhadap tamu-tamu yang bertandang ke rumah kita.
Dengan demikian selesai juga proyek pembuatan speaker aktif kali ini, bila Anda punya kesulitan atau mungkin juga ada kritikan terhadap proyek ini, silahkan Anda memaparkan nya lewat SSC forum, di ruang ELEKTRONIKA, Tak ada gading yang tek retak, demikian kata pepatah. maka dari itu bila ada kata atau penyampaian yang tidak berkenan di hati Anda saya meminta maaf yang sebesar-besarnya.

Sumber >>> http://smk1kalosi.blogspot.com/2009/11/membuat-speaker-aktif-sendiri-bagian-2.html

1 komentar:

TOA mengatakan...

terima kasih sudah berbagi artikel yang bermanfaat kami sedang mencari artikel tentang TOA.

Poskan Komentar