Pages

Subscribe:

Selasa, 20 Desember 2011

Rangkaian Penghemat Listrik


                                                          Gb. Rangkaian “penghemat listrik”

Keterangan rangkaian :
1. Rangkaian ini langsung dicolokkan pada stop kontak yang dekat dengan rumah sekring pada alur listrik dirumah
2. VDR ( voltage dependent resistor) katanya berfungsi membatasi tegangan listrik yang masuk pada rangkaian
3. Resistor 330 kohm/ 1 watt katanya berfungsi sebagai pembagi arus yang melalui kapasitor
4. Kapasitor 6 uF/ 450 VAC katanya bertugas menekan daya semu sehingga mampu menghemat pemakaian listrik

Beberapa waktu yang lalu ditempat saya kerja sempat heboh dengan adanya salesmen yang menawarkan sebuah alat yang katanya mampu menghemat penggunaan listrik di rumah dengan menekan factor daya semu, sehingga akan menghemat pengeluaran rutin tiap bulan. Sehingga temen-temen pun ramai-ramai untuk sekedar melihatnya….
Kata yang jualan alat itu mampu menghemat 5 – 25%, waktu itu yang jualan juga membawa ampere meter yang digunakan untuk mengukur konsumsi arus pada saat alat ditest dengan menyalakan lampu. Dan memang benar, konsumsi arus menurun dibanding ketika tidak menggunakan alat “penghemat listrik” ini.
Alat tersebut dijual seharga Rp. 350,000,- dan bisa diangsur selama 10 bulan x Rp. 35,000,-. Sebuah harga yang terlalu fantastis buat saya yang cenderung berkantong dalam tapi tipis….hehehehehehe…
Akhirnya berbekal rasa ingin tahu yang terlalu liar, langsung aja ku buka komputer minta bantuan mbah google untuk memecahkan rasa penasaran di hati ini.
Dengan segala kesabaran akhirya ketemu juga rangkaian yang di klaim mampu menghemat listrik, dan ternyata rangkaian ini sangat simple, dan menurut prediksi saya, harga komponen kalau kita merangkai sendiri hanya dengan Rp. 30.000,- kita bisa membuatnya….itupun masih bisa kurang.
Rangkaiannya seperti dibawah ini…….. (sumber dari http://tony22electra.blogspot.com/2011/03/si-penghemat-listrik-itu-ternyata.html)

1 komentar:

al_rizQ black Jr mengatakan...

sagala bae ath, gambarr pornoo di posting mah, meh loba pengunjungg,, hahaha peace akh

Poskan Komentar